Berapa hari ibadah umrah berlangsung Umroh merupakan salah satu ibadah yang banyak dilakukan oleh umat islam di seluruh dunia.
Ibadah ini dilakukan dengan mengunjungi dua kota suci Arab Saudi, Mekkah dan Madinah. Perjalanan umrah biasanya berlangsung antara 9 dan 12 hari, namun ada pula yang bisa memakan waktu lebih lama.

Berapa hari ibadah umrah berlangsung?

Perusahaan travel menawarkan banyak paket perjalanan umrah dengan durasi berbeda dari 9, 10 hingga 12 hari. Selain itu, selama Ramadhan tersedia pilihan paket umrah 12 hari, 15 hari, 18 hari, dan sebulan penuh. Sedangkan proses menunaikan ibadah umroh (melaksanakan kolom umrah) sendiri memakan waktu sekitar 2 hingga 4 jam. Berikut kami berikan gambaran pelaksanaan umrah.

Hari Pertama

Jamaah umroh tiba di Bandara King Abdulaziz Makkah dan langsung menuju hotel untuk check in. Setelah istirahat sejenak, jamaah akan memulai ibadah umrah pertama dengan tawaf ke Ka’bah dimulai dari Hajar Aswad dan diakhiri dengan Hajar Aswad. Jamaah kemudian melakukan sa’i antara bukit Shafa dan Marwah sebanyak tujuh kali dan kemudian melakukan Tahallul, yaitu memotong rambut. Dapat di gambarkan ini adalah hari Senin.
 

Hari Kedua

diawali dengan kunjungan ke Masjidil Haram untuk salat subuh berjamaah, kemudian dilanjutkan dengan ziarah keliling Ka’bah. Kemudian rombongan kembali ke hotel untuk sarapan dan istirahat sejenak. Pada siang hari, rombongan mengunjungi Jabal Thawr dan Jabal Nur di Mekkah, tempat yang memiliki nilai sejarah penting bagi umat Islam.

Hari Ketiga

diawali dengan kunjungan ke Masjidil Haram untuk melaksanakan salat subuh oleh jamaah. Jamaah kemudian berziarah ke Masjid Jin dan Masjid Quba di Madinah. Usai menunaikan ibadah haji, masyarakat kembali ke hotel untuk beristirahat.

Hari Keempat

Jamaah umrah akan melanjutkan perjalanan menuju kota Madinah. Sesampainya di Madinah, jamaah akan check in hotel dan menunaikan salat Dzuhur di Masjid Nabawi. Setelah salat Dzuhur, jamaah dapat berziarah ke makam Nabi Muhammad di Masjid Nabawi dan juga dapat berziarah ke makam para sahabat Nabi Muhammad di Baqi.

Hari Kelima

Pada hari kelima, jamaah umrah akan menunaikan salat subuh di Masjid Nabawi kemudian melanjutkan perjalanan ke Masjid Jabal Uhud dan Quba. Di Jabal Uhud, peziarah bisa berziarah ke makam para sahabat yang gugur di medan perang Uhud. Di Masjid Quba, jamaah dapat melaksanakan shalat sunnah dua rakaat karena Masjid Quba merupakan masjid pertama yang dibangun Nabi Muhammad SAW setelah hijrah ke Madinah.

Hari Keenam

Pada hari Jumat, jamaah akan melaksanakan ibadah di Masjid Nabawi, khusus salat tahajud dan salat witir. Jamaah selanjutnya akan mengunjungi Masjid Kiblat yang terkenal dengan kisah perubahan arah kiblat saat salat, dari Masjid Al-Aqsa ke Ka’bah di Mekkah. Di Masjid Kiblat, jamaah dapat salat sekaligus mengunjungi tempat Nabi Muhammad SAW konon menerima wahyu perubahan arah kiblat.

Hari Ketujuh

Pada hari ketujuh, jamaah melanjutkan perjalanan ke Mekkah dan menunaikan umrah kedua, diawali dengan pelaksanaan Tawaf ifadah. Jamaah kemudian dapat melakukan sa’i antara Safa dan Marwah. Setelah selesai sa’i, jamaah boleh mencukur rambutnya atau memotongnya menjadi beberapa bagian kecil sebagai tanda telah menunaikan umrah. Setelah itu pengunjung dapat kembali ke hotel untuk beristirahat.

Hari Kedelapan

Pada hari kedelapan, jamaah akan melaksanakan Tawaf Wada’ di Masjidil Haram sebagai perpisahan dengan Ka’bah dan penutup ibadah umrah. Setelah tawaf wada’, jamaah dapat menuju tempat-tempat suci di sekitar Mekkah seperti Jabal Rahmah, Mina dan Arafah.

Hari Kesembilan

Pada hari kesembilan, jamaah akan menunaikan ibadah terakhirnya di Masjidil Haram dengan menunaikan salat subuh di Masjidil Haram dan berziarah ke Makam Nabi Muhammad SAW di Masjidil Haram sebelum kembali ke tanah air.

Dengan demikian akan terjawab berapa hari dan berapa lama ibadah umroh dilakukan serta penjelasan umum mengenai kegiatan yang dilakukan selama 9 hari umroh.

Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat bagi anda

Post Views: 1,080
Chat Konsultasi Langsung