10 Tempat wisata yang dapat di kunjungi saat umroh

Umrah adalah salah satu bentuk ibadah yang populer bagi banyak umat Islam di seluruh dunia. Selain fokus beribadah, kita juga bisa mengikuti wisata religi, belajar tentang perjuangan Islam di masa Nabi.  Berikut 10 destinasi wisata di bawah ini yang bisa Anda kunjungi saat anda ibadah umroh

Jabal Rahmah

Jabal Rahmah merupakan situs bersejarah dimana Nabi Adam dan Siti Hawa pertama kali bertemu setelah diusir dari surga. Anda akan melihat monumen beton berbentuk persegi panjang setinggi delapan meter. Untuk mencapai puncaknya, Anda harus mendaki bukit setinggi 70m.

Gunung Uhud

Gunung Uhud Terletak di utara Madinah, Gunung Uhud tingginya sekitar 350 meter. Dahulu, tempat ini merupakan salah satu tempat terjadinya pertempuran besar antara umat Islam dengan tentara Quraisy. Di dekatnya terdapat Masjid Al-Fash, makam para syuhada dan tempat Nabi SAW salat setelah Perang Uhud.

Masjid Quba

Masjid yang dibangun Nabi Muhammad SAW ini pertama kali dibangun pada tahun 1 Hijriah atau tahun 622 M di Quba. Terdapat tiga gerbang yang menjadi pintu masuk dan keluar jamaah. Di tengah-tengah masjid terdapat sahn, sebuah sumur yang digunakan sebagai sumber air untuk berwudhu. Sedangkan di luar, Anda bisa membeli berbagai jenis kurma.

Gua Hira

Gua Hira, saksi bisu saat Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama dari Allah. Pastikan Anda sehat secara fisik selama kunjungan keagamaan Anda di sini. Letaknya di tebing yang agak curam.

Masjidil haram

Masjidil Haram merupakan salah satu tujuan utama di Mekkah. Di sinilah pusat kegiatan umrah berlangsung, mulai dari tawaf mengelilingi Ka’bah hingga tahalul. Ibadah disini sangat berbeda, apalagi saat Itikaf serasa tidak mengenal waktu.

Pasar Zakfariah

Pasar Zakfariah, membeli oleh-oleh sebelum pulang ke Indonesia sangatlah mudah. Alasannya karena Mekkah memiliki pasar Zakfariah yang terletak 1km dari Masjidil Haram. Anda bisa membeli berbagai macam barang, seperti akta keagamaan, perhiasan, jam tangan, kurma, produk elektronik, dan masih banyak lagi.

Masjid Nabawi

Masjid Nabawi, Mirip dengan Masjid Agung, Masjid Nabawi merupakan pusat ibadah di Tanah Suci. Masjid terbesar di Madinah ini mampu menampung hingga 1 juta jamaah. Sebelum megah seperti saat ini, tempat ini pernah menjadi tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW pada tahun 622 Masehi. Anda dapat melihat makam Nabi Muhammad di sini. Ada juga Raudlah atau taman surga yang berupa masjid. Yang paling menonjol, payung hidrolik sudah mulai dipasang di banyak masjid di seluruh dunia, khususnya di Indonesia.

Jannatul Baqi

Jannatul Baqi, destinasi wisata religi yang satu ini cukup sentimental. Jannatul Baqi adalah pemakaman utama di Madinah. Banyak anggota keluarga, kerabat dan sahabat Nabi Muhammad dimakamkan di sini. Dahulu, orang yang meninggal saat haji atau umrah dimakamkan di sini. Namun karena keterbatasan ruang, kebijakan ini tidak lagi diberlakukan.

Jabal Tsur

Jabal Tsur yang terletak di salah satu bukit tertinggi di Mekkah, dulunya merupakan tempat perlindungan Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar. Mereka dikejar oleh orang-orang kafir Quraisy saat mereka bersiap untuk hijrah ke Madinah dalam tiga hari.

Masjid Jawatha

Masjid Jawatha tidak semegah Masjid Nabawi atau Masjid Raya. Namun masjid ini juga memiliki sejarah penting dan merupakan yang tertua di Arab Saudi. Sebagian bangunan aslinya telah hilang namun masih digunakan sebagai tempat ibadah.

Inilah 10 tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat umroh di Tanah Suci. Semoga ibadah anda lancar dan membawa keberkahan.

Jangan sia-siakan kesempatan untuk menjalankan ibadah umroh di waktu terbaik yang anda miliki sebelum azal menjemput kita smua. Mari penuhi panggilan Allah SWT untuk melaksanakan ibadah umroh secara aman dan nyaman bersama As-Shofa Tour & Travel.

Konsultasikan detailnya kepada kami, dan kami siap menjadi partner terbaik untuk perjalanan ibadah Anda!

Travel Umroh jogja

Alamat Kantor

As-Shofa Tour (PT ATA)

Jl. Palagan Tentara Pelajar Km 8.5 Sleman Yogyakarta.

Post Views: 893
Chat Konsultasi Langsung